Jl. H. Hasan Basry, Kampus FKIP II, Universitas Lambung Mangkurat – Banjarmasin

Sistem rekrutmen dan seleksi mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat untuk program Diploma dan S1 mengikuti kebijakan Nasional mengacu Permendiknas Nomor 34 tahun 2010, hasil rapat majelis Rektor PTN Indonesia tahun 2011, dan Prosedur Operasi Baku (POB), Keputusan Ketua Umum Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nomor 001/KEP/SNMPTN/2012 dan Surat Keputusan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Nomor 984/UN8/SP/2013.

Sistem Rekrutmen dan Seleksi mahasiswa baru untuk pascasarjana (S2) diatur dengan mengacu kepada Surat Rektor Universitas lambung Mangkurat Nomor 1269/UN8/SP/2015.  Penerimaan mahasiswa baru pascasarjana dilaksanakan mandiri dan secara online melalui http://admisipasca.unlam.ac.id/.

Rekrutmen dan Seleksi mahasiswa baru untuk program S2 diselenggarakan langsung oleh Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, baik multidisiplin (prodi di bawah Program Pascasarjana) maupun monodisipiln yang berada di Fakultas. Kebijakan dan sistem pengelolaan penerimaan mahasiswa baru untuk program pascasarjana Universitas lambung Mangkurat dituangkan dalam Pedoman tertulis, yaitu Pedoman Akademik Pascasarjana UNLAM.  Dalam rangka rekrutmen dan seleksi mahasiswa baru, Program Pascasarjana setiap tahun membentuk kepanitian yang dituangkan kedalam SK Rektor Universitas Lambung Mangkurat, seperti Panitia Admisi Penerimaan Mahasiswa Baru secara online,  Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, dan Panitia Pelaksana Test TPA.

 

Kriteria Penerimaan Mahasiswa Baru

Kriteria penerimaan mahasiswa baru sebagai mana tertuang dalam pedoman akademik pascasarjana dan pada laman admisi, http://admisipasca.unlam.ac.id., dapat diringkaskan sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa adalah lulusan Program S1 untuk semua bidang disiplin ilmu.
  2. Memiliki Indek Prestasi Kumulatif minimal 2,75 (pada skala 0 – 4) atau 6,25 (pada skala 0 – 10).
  3. Memiliki sertifikat test Toefl dengan nilai minimal 400 untuk program S2 dan 450 untuk program S3 dari Lembaga yang diakui.
  4. Mengikuti Test TPA dari OTO BAPPENAS dengan nilai minimal 400, atau jika nilai TPA antara 300 sd 400 maka harus lulus test bidang yang diselenggarakan oleh Program Studi yang bersangkutan.

 

Sistem Pengambilan Keputusan

Setelah seleksi dilaksanakan, Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa baru mengadakan rapat untuk mengevaluasi hasil seleksi.  Kebijakan pengambilan keputusan terkait penerimaan mahasiswa baru adalah : (1) adil, tidak diskriminatif, (2) akuntabel dan transparan dan (3) memperhatikan daya tampung.  Sistem Pengambilan Keputusan dimulai dari  proses Panitia Seleksi menyusun draft hasil seleksi mahasiswa Baru menurut Program Studi dan diputuskan dalam rapat hasil seleksi mahasiswa baru.  Hasil keputusan rapat berupa drat hasil seleksi mahasiswa baru disampaikan kepada rektor sebagai bahan pertimbangan.  Calon Mahasiswa Baru ditetapkan oleh Rektor melalui Surat Keputusan.

 

Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru

Prosedur penerimaan mahasiswa baru tertuang dalam pedoman tertulis, yaitu Pedoman Akademik Pascasarjana.  Prosedur dapat diakses pada laman admisi, http://admisipasca.unlam.ac.id.  Secara ringkas diagram alur prosedur penerimaan mahasiswa baru disajikan berikut ini: